Jumat, 11 April 2014

Makanan tradisional, rasa internasional

Amplang, merupakan makanan tradisional khas Kalimantan Timur. Entah siapa yang mulai membuat pertama kali, dan sejak tahun berapa Amplang ini dibuat. Namun yang jelas, Amplang sudah menjadi ikon makanan khas Kalimantan Timur. 
Jika anda berkunjung ke balikpapan, atau samarinda, anda akan menjumpai banyak sekali toko oleh-oleh yang menjajakan Amplang. Dan tidak afdol rasanya jika berkunjung ke Kalimantan Timur, pulang tidak membawa oleh-oleh amplang.
Amplang memiliki cita rasa yang sangat gurih dan lezat. Tidak seperti menyantap kerupuk biasa, rasa amplang sangat terasa ikan nya. Hal ini karena bahan dasar dan bahan utama amplang adalah ikan. Di kalimantan timur, ikan yang di gunakan adalah ikan pipih atau ikan belida. Ikan ini hidup di sepanjang perairan sungai mahakam. Namun sayang, saat ini populasi ikan belida mulai menurun, dan menjadi ikan yang sedikit langka. Sehingga para pengrajin amplang di kalimantan timur sudah banyak yang beralih menggunakan bahan baku ikan Tengiri.
Bagi anda yang berada di pulau jawa, untuk mendapatkan produk amplang dapat di bilang sulit. Hal ini karena amplang hanya dapat di jumpai di kalimantan Timur saja. Akan tetapi baru-baru ini di Jogjakarta ada sebuah UKM yang memproduksi Amplang  yang sangat lezat dan gurih. Hebatnya lagi, amplang ini di buat dari bahan baku ikan Bandeng yang daging nya jauh lebih nikmat di banding ikan belida. 
Berikut ini penampakan produk Amplang Bandeng khas Jogjakarta

Produk ini di produksi oleh Fania Food yang beralamat di Jl. Semangu KG-1 No.16 Gedongkuning Jogjakarta. Untuk pemesanan, bis amenghubungi Ibu Hani Kusdaryanti melalui Call/SMS/WhatsApp : 0818273814

Atau kunjungi situs resmi nya di www.faniafood.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar